Daftar Isi
    Kelebihan dan Kekurangan Media Pop Up


    Kelebihan dan Kekurangan Media Pop Up 


    Setiap media pembelajaran pasti memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Seperti media Pop Up yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan pastinya. Hal ini lebih mempermudah guru pengajar untuk lebih teliti dalam mencari media pembelajaran yang cocok diterapkan untuk peserta didik serta melihat kekurangan dan kelebihan disetiap medianya.



    Kelebihan Media Pop Up 




    Media Pop Up memiliki banyak kelebihan, terutama pada bagian tampilan isi buku yang menarik. Menurut Van Dyk (dalam popsfi, 2016) Buku Pop Up memiliki banyak kelebihan, yang terletak pada penjelasan gambar yang kompleks (kesehatan, matematika, dan tekonologi). 



    Dari pendapat tersebut bahwa media Pop Up memiliki keunggulan dalam bagian tampilan isi yang sangat menarik, selain itu juga memiliki banyak gambar yang dapat digunakan untuk memberikan pengalaman secara nyata dengan menggunakan gambar yang berdampak pada siswa untuk lebih mengetahui langsung materi sejarah.



    Dalam materi sejarah Mesopotamia yang merupakan peradaban yang berada di Timur Tengah memiliki banyak budaya, memiliki banyak bangsa-bangsa yang mendiami lembah Mesopotamia ini, peninggalan tekonologi, lokasi tempat yang sangat strategis, peninggalan sejarah yang lain sehingga cocok digunakan untuk media pembelajaran yang mendominasi gambar-gambar, bentuk bangunan-bangunan sehingga cocok menggunakan media Pop Up ini. 



    Selain itu, media Pop Up ini memiliki kelebihan yaitu praktis, maksudnya adalah dalam media ini terdapat beberapa unsur yang penting seperti foto, gambar, tulisan sehingga lengkap yang dibutuhkan oleh siswa, sebab sebagian besar buku ajar hanya memberikan materi tanpa mengetahui gambarnya. 



    Selanjutnya media Pop Up memiliki sifat yang kreatif dan inovatif sebab media ini memberikan visualisasi gambar yang terlihat nyata dan bergerak sehingga memberikan siswa lebih tertarik pada materi sejarah Mesopotamia. Kelebihan lain yang dimiliki yaitu media ini tidak hanya terfokus untuk kalangan tertentu saja, akan tetapi dapat digunakan untuk semua kalangan dari anak-anak sampai dewasa. 



    Media ini berbentuk seperti buku yang unik, terdapat bagian yang menonjol dan terlihat ada yang bergerak. Selain itu, yang kreatif dalam media ini berbentuk 3 dimensi atau 2 dimensi yang memberikan gambaran seperti nyata dan memberikan pengalaman serta imajinasi seseorang. 



    Hal yang terpenting dalam media ini yaitu dapat memupuk siswa-siswi untuk gemar membaca buku yang unik agar terbiasa membaca. Hal yang terpenting yaitu rumor yang beranggapan bahwa materi sejarah mudah membosankan dan sejarah hanyalah pelajaran yang menghafalkan banyak tokoh, peristiwa, waktu kejadian serta tempat kejadian itu dapat ditepis dengan menggunakan media yang tepat seperti media Pop Up. 



    Media Pop Up ini dapat mendorong siswa untuk aktif dan menyukai pembelajaran sejarah Mesopotamia, serta berfikir kreatif dan inovatif saat diberikan tugas oleh guru.



    Kekurangan Media Pop Up 



    Selain kelebihan yang terdapat pada media Pop Up, media ini juga memiliki kekurangan. Dari kelebihan tersebut penulis menganalisis kekurangan yang terdapat dalam media Pop Up. Media ini memiliki kekurangan yaitu bahan yang digunakan banyak sehingga akan berdampak pada pengeluaran yang cukup banyak. 



    Selain bahan yang banyak, juga memerlukan waktu yang lama. Media ini memiliki jangka waktu yang panjang pada saat pembuataannya. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum media ini dapat digunakan pada saat proses pembelajaran materi sejarah Mesopotamia. 



    Dari media ini ditemukan bahwa dalam proses pembuataan media ini membutuhkan waktu yang lama sehingga harus tekun dalam proses pembuatannya serta disiplin agar media yang dihasilkan juga sesuai dengan keinginan. 



    Dalam proses pembuatan juga harus berfikir kreatif dan inovatif untuk optimalisasi dan efektifitas dalam proses mengajar nantinya. Proses pembuatan media Pop Up ini lebih rumit dan perlu ketekunan, tetapi pada saat proses pelaksanaan itu akan lebih mudah dan siswa akan tertuju pada media Pop Up ini.


    Artikel Terkait:

    Jadilah komentator pertama!
    Urut dari yang terbaru terlama terbaik

    Terbaru

    Terlama

    Terbaik